Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata – Tokoh “aku” dalam novel ini merupakan narasi yang dominan sehingga tokoh “aku” dapat dikatakan sebagai tokoh atau pemeran utama.

Unsur Ekstrinsik Novel Laskar Pelangi

Segala sesuatu yang terkandung dalam novel ini, tentunya tidak lepas dari latar belakang kehidupan pengarangnya baik dari segi budaya, kepercayaan, lingkungan dan lainnya. Simak dibawah ini tentang beberapa unsur ekstrinsik yang ada dalam Novel Laskar Pelangi ini:

Latar Belakang Tempat Tinggal

Lingkungan hidup penulis mempengaruhi psikologi penulisan novel. Apalagi novel Laskar Pelangi ini merupakan adaptasi dari kisah nyata yang dialami langsung oleh pengarangnya. Lokasi kediaman penulis yang jauh di desa Gantung, Belitong Timur, Sumatera Selatan ternyata menjadi latar belakang penulisan novel ini.

Latar Belakang Sosial Dan Budaya

Dalam novel ini banyak mengandung unsur sosial budaya masyarakat yang berada di Belitong. Adanya perbedaan status antara kelompok pekerja pertambangan dan kelompok pengusaha yang dibatasi tembok tinggi menjadi latar sosial dari novel ini.

Dimana interaksi antara kedua kelompok ini memang ada dan saling bergantung. Kelompok buruh pertambangan membutuhkan uang untuk melanjutkan hidup, sedangkan kelompok pengusaha membutuhkan tenaga kerja pertambangan untuk menjalankan usahanya.

Latar Belakang Agama (Religi)

Latar belakang religi atau religius pengarang sangat mirip dengan refleksi cermin dalam novel Laskar Pelangi. Nuansa Islami begitu kokoh. Dalam beberapa penggalan cerita, penulis sering menyisipkan pelajaran tentang Islam.

Latar Belakang Ekonomi

Sebagai komunitas, Belitong mengabdikan diri pada perusahaan timah. Diceritakan dalam novel ini bahwa Belitong merupakan pulau yang kaya akan sumber daya alam. Namun tidak semua masyarakat Belitong bisa menikmati kekayaan alam ini. PN dimonopoli oleh produksi, sementara orang-orang terpinggirkan di tanah mereka sendiri. Padahal sumber daya alamnya tinggi.

Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata?

Latar belakang pendidikan

Dalam novel ini banyak sekali nilai-nilai pendidikan yang disampaikan oleh penulis. Penulis tidak hanya bercerita, tetapi juga menyuguhkan berbagai pengetahuan yang disisipkan di dalam cerita. Begitu banyak cabang ilmu yang telah disisipkan, seperti ilmu (kimia, fisika, astronomi, biologi). Penulis sangat suka sekali memasukkan istilah-istilah ilmiah asing yang keluar dalam novel ini. Hal ini menunjukkan bahwa pengarang memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi.

Kelemahan Novel Laskar Pelangi

Kelemahannya adalah penggunaan nama ilmiah dalam cerita. Hal ini menyebabkan pembaca menjadi kurang nyaman membaca. Apalagi, glosarium ditempatkan di bagian belakang novel. Ini menambah ketidakpraktisan dalam memahami istilah-istilah ini.

Keunggulan Novel Laskar Pelangi

Keunggulan novel ini adalah menceritakan tentang persahabatan dan teman setia yang sangat dekat dan juga termasuk pentingnya pendidikan yang begitu dalam, kata-kata mutiara yang menginspirasi, serta cerita yang begitu memotivasi.

Kesimpulan Novel Laskar Pelangi

Dari novel Laskar Pelangi karya Andre Hirata, saya dapat mengambil beberapa hikmah yang sangat berharga dalam hidup ini, salah satunya adalah kita sangat menghargai kehidupan, mensyukuri apapun yang Tuhan berikan, dan pantang menyerah jika menginginkan sesuatu dan tidak ada. yang tidak mungkin di dunia ini saat kita mencoba.

Dan satu hal lagi, menjadi pintar tidak menjamin 100% kesuksesan kita. Saya dapat menarik kesimpulan dari Novel Laskar Pelangi ini, bahwa seluruh kehidupan manusia telah diatur, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Apapun pekerjaan yang kita lakukan di dunia ini tidak lepas dari campur tangan Tuhan Yang Maha Esa.

Leave a Comment

Item added to cart.
0 items - $0.00