Posted on Leave a comment

Resensi dan Sinopsis Novel Aroma Karsa

Deskripsi Novel Aroma Karsa

Judul buku: Aroma Karsa

Penulis: Dewi lestari (Dee)

Penerbit: PT bentang pustaka

Tahun terbit: Maret 2018

Halaman: 696 Hlm

ISBN: 978-602-291-463-1

Sinopsis dan Resensi

Siapa yang tidak kenal dengan novel epik ini. karangan seorang novelis terkenal Indonesia Dewi Lestari atau dengan penanya “Dee”. Aroma karsa ini merupakan novel ke-12 dari karangan-karangan Dee. Novel ini menceritakan berbagai unsur seperti misteri, persahabatan, keluarga, mitologi, dan bahkan percintaan turut bagus  membumbui dalam novel tersebut.

Di waktu kecil di saat eyang Janirah masih hidup, iya sering mendongengkan cucunya Raras Prayagung. Eyang Janirah menceritakan sebuah dongeng yang di anggapnya nyata. yaitu keberadaanya bunga yang bernama puspa karsa. Konon bunga itu jika bisa di dapatkan bisa memenuhi semua keinginan.

Dalam hidupnya, Raras Prayagung terobsesi dengan bunga tersebut. Hasil-hasil penelitian modern yang di temukan berdasarkan dongeng tersebut. iya percaya bunga itu masih berada di dunia saat ini. Jati Wesi yang terlahir dari kecil di sekitar tumpukan sampah di komplek TPA Bantar gabang. Iya mempunyai kemampuan dalam indra penciumanya. Mampu mencium barang apapun yang berada di sekitarnya, menurutnya kemampuanya itu mungkin karena ia dari kecil hidup di tumpukan sampah. Ia juga pernah membantu penyelidikan polisi menemukan sebuah mayat yang di kubur di dalam tanah dapat di temukan dengan indra penciumanya. Sehingga iya mendapatkan julukan si hidung tikus.

Begitu juga Tanaya Suma seorang perempuan cantik yang menjadi anak angkatnya Raras Prayagung. Iya juga mempunyai kemampuan dalam indar penciumanya. Namun tidak sesempurna Jati Wesi. Dalam hal ini Raras membuat rencana melalukan ekspedisi untuk menemukan bunga puspa karsa tersebut. dengan ia merekrut Jati Wesi dalam timnya yang menurutnya sangat bermanfaat penciumanya untuk menemukan bunga tersebut.

Hingga akhirnya Jati Wesi tidak menyangka ia terlibat hubungan kehidupan dengan Raras Prayagung. Yang temukan bukti-bukti masa lalunya yang penuh misteri. Denga ekspedisi pencarian bunga Puspa Karsa itu. Jati wesi mulai menemukan sebenernya siapa dirinya. Dari ia mengikuti ekspedisi Raras Prayagung.

Cerita dalam novel ini di susun sangat bagus, dan bahasa yang tidak terlalu memberatkan sehingga pembaca-pembaca novel ini dapat di baca oleh kalangan apapun. Kisah-kisah misteri dan petualanganya juga cukup membuat pembaca penasaran, dengan lembaran-lembaran cerita yang tidak mudah di tebak. Ada poin plus juga di dalam novel ini yaitu banyaknya nama-nama ilmiah tumbuhan. Sebagaimana di sebut di atas, terdapat unsur mitologi.

Di dalam novel aroma karsa ini, mbak Dee menuturkan cerita yang panjang. Menggunakan alur yang rumit juga sehingga pembaca-pembaca yang cenderung mudah dengan apa yang di paparkan dalam novel tersebut. akan tetapi penulis cukup pandai dalam mengatur ceritanya sehingga para pembaca di manjakan engan sebuah dugaan dalam cerita tersebut.Novel ini juga menurutku  terlalu panjang dan tebal. Sehingga para pembaca-pembaca yang tidak terbiasa dengan buku tebal, agak minder untuk membacanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *