Sinopsis & Ulasan Rapijali 1: Mencari

Dunia Ping selama ini terasa sempurna dan aman. Rumahnya yang terletak di Pantai Batu Karas menjadi tempat berlindung yang nyaman dengan kehadiran kakek yang selalu menyayanginya dan sahabat terbaiknya yang bernama Oding.

Darah musisi sang kakek menurun ke Ping, sehingga ia memiliki bakat bermain musik yang luar biasa. Ia bisa memainkan hampir semua jenis alat musik, walaupun di band kakeknya ia lebih sering bermain sebagai keyboardist.

Hanya saja, walaupun kerap ia sembunyikan, sebenarnya Ping kerap khawatir dengan masa depannya. Tidak seperti Oding yang sedang menapak jalan menjadi seorang surfer profesional, Ping masih belum tahu bagaimana atau apa yang akan ia lakukan di masa depan.

Di sisi lain, sang kakek Yuda Alexander ternyata menyembunyikan banyak hal dari Ping. Selain kanker yang mulai menggerogoti tubuhnya, Yuda juga diam-diam pergi ke Jakarta untuk menemui ayah biologis dari Ping yang tak pernah Ping ketahui.

Yuda merasa usianya tidak lama lagi sehingga ia ingin Guntur, seorang calon gubernur Jakarta, bertanggung jawab dan bisa mengasuh Ping ketika dirinya sudah tidak ada di dunia. 

Atas saran asistennya, Guntur menyadari kalau dirinya harus melakukan sesuatu agar nama baiknya terjaga dan tidak muncul skandal kalau dirinya yang sudah berkeluarga pernah punya anak yang ia tinggalkan jauh di Pantai Batu Karas.

Kehidupan damai pun Ping terusik ketika ia harus menerima kenyataan bahwa sang kakek meninggal ketika band mereka sedang mengadakan konser. Ping merasa terkhianati karena selama ini dirinya tidak tahu kalau kakeknya sedang sakit.

Hal ini makin diperparah karena keluarga Oding ternyata sudah tahu sejak lama dan tidak pernah memberitahu Ping. Untuk beberapa waktu, Ping mengurung diri di rumahnya hingga ia mendapatkan panggilan untuk bertemu dengan seseorang.

Siapa yang menyangka kalau Yuda telah menyiapkan rencana untuk Ping setelah kematiannya. Ia harus pindah ke Jakarta bersama keluarga Guntur. Sejak awal, Ping merasakan adanya penolakan dari keluarga tersebut, kecuali dari Guntur sendiri.

Ping juga harus bersekolah di tempat baru, Pradipa Bangsa, sekolah elit yang terkenal di Jakarta. Tempat tersebut memiliki dua jenis murid, yakni murid subsidi dan nonsubsidi. Orang-orang kaya atau memiliki jabatan bisa masuk melalui jalur non-subsidi untuk membantu murid subsidi yang berbakat untuk masuk ke sekolah tersebut.

Ping merasa dirinya berada di sebuah tempat asing yang sama sekali tidak ia kenali. Ia juga harus menghadapi teman-teman baru yang jelas memiliki kultur berbeda dengan dirinya, memaksanya untuk bisa beradaptasi sebaik mungkin.

Akan tetapi, apakah perpindahan ini justru membuatnya menemukan wadah yang membuat ia bisa menyalurkan bakat bermusiknya? Yang jelas Ping harus siap menghadapi kenyataan kalau dunianya tidak sesederhana seperti yang ia duga selama ini.

***

Dee kembali lagi dengan novel terbarunya yang berjudul Rapijali 1: Mencari. Buku ini merupakan karyanya yang telah lama tertidur hingga akhirnya kembali “dibangkitkan” di awal tahun 2021.

Awalnya buku ini berjudul Planet Ping, sebelum akhirnya berganti nama. Inti ceritanya sudah disebutkan seperti di atas. Buku ini telah tersedia lebih dulu di platform online sebelum akhirnya menjadi buku cetak.

Dibandingkan dengan buku Dee yang lain seperti serial Supernova dan Aroma Karsa, Rapijali tergolong sebagai bacaan yang ringan. Tidak ada kaitan dengan dunia mistis atau kekuatan ajaib, hanya kehidupan remaja SMA yang harus pindah ke tempat yang benar-benar asing.

Karena kesederhanaan yang dimiliki, mungkin sebagian pembaca setia Dee akan merasa aneh dengan novel ini. Biasanya, kita butuh berpikir untuk bisa memahami alur cerita novel-novel Dee. Untuk yang satu ini, kita cukup mengikuti alur ceritanya begitu saja.

Dilansir dari media sosial milik Dee, buku ini akan masih memiliki dua buku lagi. Rapijali 1: Mencari terlihat hanya sebagai pemanasan. Belum banyak konflik yang muncul, cerita hanya berfokus pada Ping yang berusaha hidup di lingkungan baru yang sangat berbeda.

Mungkin buku ini akan menyadarkan kita, kalau kehidupan yang sedang kita jalani tidak sesederhana yang terlihat.

Baca berita terkait buku dan bazar buku murah di: https://www.kompas.com/tag/bazar-buku

Dapatkan Rapijali 2: Menjadi

Dapatkan novel kedua Rapijali: Menjadi di Shopee MarkasBuku. Kunjungi link berikut untuk membeli novel terbaru Ibu Suri: s.id/rapijali2.

Produk Lainnya:

Leave a Comment

Item added to cart.
0 items - $0.00